Pengertian Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi

ARTI DAN PERBEDAAN PERPUSTAKAAN DENGAN:ARSIP, MUSEUM, PUSAT DOKUMENTASI, PUSAT INFORMASI 

Arti dan perbedaan perpustakaan dengan: Arsip Museum Pusat dokumentasi Pusat informasi ARTI: Arti perpustakaan: kumpulan materi yang tercetak dan media non cetak dan di gunakan oleh pemaki. Arti arsip: suatu catatan yang tidak di gunakan untuk melakukan kegiatan namaun disimpan baik sebagai bukti keaslian. 
PERBEDAAN PERPUSTAKAAN DENGAN ARSIP Perustakaan: menyimpan dan menyediakan koleksi dan bahan tercetak tertentu lainya. Perpustakaan: Mengumpulkan. Perpustakaan: subyek. Perpustakaan: secara nomor kelas. Perpustakaan: menyediakan bahan bacaan. Perpustakaan: buku bisa di fotokopi. Perpustakaan: pustakawan berinteraksi dengan buku satuan individu. Perpustakaan: buku sumber sekunder. Perpustakaan: pemakai lebih luas. . Arsip:memelihara akumulasi arsip dan dinamais atau makalah dari menjadi organik dan peroranagn termasuk bahankearsipan tercetak semacam bahan buku panduan yang di keluarkan oleh sebuah badan, lembaga/ institusi. Arsip: menerima Arsip: tupoksi (catatan yang dilestarikan) Arsip: di simpan di Nasional Arsip sebagai kegiatan Arsip tidak bisa di fotokopi Arsip: sebagai satuan tidak lazim dalam perorangan Arsip: sumber primer Arsip: pemakai terbatas 

ARTI : Museum adalah PERBEDAAN PERPUSTAKAAN DENGAN MUSEUM Perpustakaan: Perpustakan: lebih banyak kertas atau buku atu media lainya. Perpustakaan: menyimpan barang yang bisa di pinjamkan. Museum: Museum: lebih banyak menyipan barang yang sejenis. Museum: menyimpan barang yang tidak boleh di pinjam. ARTI: Dokumentasi menurut Paul Otlet pada International Economic Conference tahun 1905. adalah kegiatan khususu berupa pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penemuan kembali dan penyebaran dokumen. Dalam Encyclopedia Britanica juga mengemukakan tenteang dokumentasi adalah sebagai berikut: dokumentasi adalah semacam pengawasan dan penyusunana bibiliografi, yang mengunakan alat-alat seperti seperti indeks, sari karnagn dan isei bibiliografi disamping memakai cara tradisional (klasikal dan katalogisasi), untuk membuat informasi itu dapat dicapai. Federataion Internationale de Decomentation (FID). yang di bentuk oleh Paul Otlet dan Henri La Funtaine. Tahun 1938. adalah: mengumpulkan menyebarkan dokumen-dokumen dari semua jenis-jenis mengenai semua lapangan pekerjaan manusia (documentation C’ est reunir, classer et distribuer des document de tout genre dans tours les domaines de L’ativite humaine). Arti dokumentasi dari kesimpulkan diatas adalah: kegiatan dokumentasi melibatkan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, pemilihan dokumen sesuai dengan kebutuhan dokumentasi; memungkinkan isi dokumen dapat di akses; pemrosesan dokumen; mengklasifikasi dan mengideks; menyipkan penyimpanan dokumen; pencari kembali dan penyajianya.

 Perbedaan: Dokumentasi. dokumentasi melayani orang-orang tertentu menurut unser profil. Menghimpun ulang pada subyek yang sama. melayani pertanyaan denagn menjawab pertanyaan. menenusurkan informasi, meneluSur surat, menulusur info yang akan datang Perpustakaan. Melayani pembaca, menyediakan koleksi, melayani yang datang. Pemintaan buku dapat dibawa pulang atau bisa di baca di perpustakaan. ARTI: Pusat informasi adalah suatu pusat yang berfungsi memberikan informasi yang diolah dari sumber lain mengenai suatu bidang khusus Perpustakaan adalah kumpulan materi yang tercetak dan media non cetak dan di gunakan oleh pemaki.

 PERBEDAAN PERPUSTAKAAN DAN PUSAT INFORMASI Perbedaan: Pusat informasi Menginformasikan data khusus yang di himpun oleh pusat informasi itu sendiri. Menjawab pertanyaan langsung oleh penanya baik itu lewat telepon, surat atau lewat Internet. Memberikan informasi yang akutar. Mencarikan dan memberiakan bahan literatur yang relevan. Menggunakan data statistik. Failenya tidak dapat di pinjam. Perpustakaan. Memberikan informasi melalaui buku, boleh dibaca diperpus atau boleh di pinjam. Pertanyaan langsung melalaui telepon tidak bisa langsung terjawab dengan akurat. Tersusun dengan nomor kelas. Cakupan informasi lebih luas dalam bentuk buku.

0 komentar:

Poskan Komentar