Selasa, 29 Maret 2011

PengoLahan KoLeksi Perpustakaan


BAB I
PENDAHULUAN

      I.1 Latar Belakang
            Banyak orang jika mendengarkan kata perpustakaan , mereka kebanyakan membayangkan dalam benak mereka bahwa itu adalah merupakan suatu gedug yang terdiri dari beberapa koleksi buku. Jika kita kaji menurut ilmu yang telah ada bahwa hal itu memang benar, akan tetapi bias diartikan kepada arti yang lebih umum oleh para pakar atau ahli dibidangnya bahwa Perpustakaan adalah Suatu tempat atau bagian dari suatu gedung ataupun gedung itu sendiri yang dijadikan sebagai  tempat penyimpanan berbagai macam koleksi buku dan hal yang sejenis sebagai kumpulan koleksi untuk umum dan bukan untuk diperjual belikan.
            Bisa juga diartikan dengan Tempat atau ruangan dimana telah berkumpulnya hasil tukar pikiran manusia terhadap ilmu pengetahuan yang telah terkumpul baik dalam bentuk terekam maupun tertulis. Bermanffaat untuk orang banyak dan bias dikunjungi kapan saja sesuai dengan aturan dan tatanan yang ada. Terdiri dari lebih dari seribu koleksi, seorang pustakawan dan pengunjung. Kemudian didalamnya terjadi kegiatan dari pengolahan sampai pelayanan Administrasi nya.
*                        Administrasi adalah proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, pemerintah atau swasta, sipil atau militer, besar atau kecil (White, 1958).
*       Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas bersama (Simon, 1958).
*       Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha kelompok individu guna mencapai tujuan bersama (Newman, 1963).
*       Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua) :
o    Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).
o    Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa InggrisAdministration” , yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)
Berdasarkan hal tersebut diatas, administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jadi Administrasi Perpustakaan adalah Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam suatu Perpustakaan secara bersama- sama dengan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu.
Sebuah kegiatan akan kurang lancer pelaksanaanya jikalau tanpa aturan administrasi yang  ada dalam menunjang pelaksanaan kegiatan , apapun dan dimanapun jikalau kegiatan tersebut telah dilandasi dengan aturan kebersamaan. Secara umum apakah itu diperpustakaan mapun diluar perpustakaan karena dasar dari kegiatan administrasi tersebut adalah kegiatan bersama- sama.
Buku Perpustakaan sekolah adalah semua buku yang merupakan kolseksi perpustakaan baik buku bacaan buku sumber maupun buku pelajaran. Semua buku yang ada diperpustakaan sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu buku perpustakaan harus dapat dipertanggung jawabkan baik segi kebenaran materi, keamanan, bahasa,penyajian perwajahan dan tata karma penulisannya.
Kebenaran maeteri dan keamanan maksudnya tidak bertentangan dengan pancasila dan undang – undang 1945, tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah,tidak membahayakan kemanan NKRI,mendukung kurikulum yang berlaku serta tata urutan materinya scara logis dan sistimatis
Bahasa yang dipakai adalah memakai bahasa Indonesia yang baku mudah dipahami dengan bahasa siswa dan mengenai ilustrasi sesaui dengan isi, mudah dipahami, menunjang teks, jelas dan menarik perhatian.  Untuk bisa mempertanggung jawabkan semua itu buku hendaknya dikelola dengan baik.jumlah koleksi yang memenuhi persyaratan tidak akan berarti tanpa adanya pengelolaan yang baik dan sistematis.

      I.2 Tujuan dan Kegunaan Pembahasan
            1. Tujuan Pembahasan adalah :
                                    a. Mengetahui kegiatan yang ada dalam perpustakaan
                                    b. Memahami bentuk pengolahan bahan koleksi baik teori maupun praktek
                                    c. Proses Administrasi secara umum
            2. Kegunaan Pembahasan adalah :
                                    a. Bentuk pengalaman yang baik sebagai calon pustakawan
                                    b. Setidaknya kita tahu gambaran pengolahan koleksi secara umum.
      I.3 Rumusan dan Batasan Masalah
1.      Rumusan Masalah
Untuk lebih terarahnya penulisan laporan yang dilakukan , maka rumusan masalahnya adalah Bagaimana bentuk dan kegiatan yang ada dalam proses pengolahan di Perpustakaan secara umum.
2.      Batasan Masalah
Berdasarkan Rumusan tersebut maka penulis memberikan batasan masalah antara lain:
a. Bentuk Pengolahan Koleksi atau buku
b. Kegiatan Pengolahan yang ada












BAB II  PENELITIAN DAN HASIL
PENGOLAHAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN

      2.1 Definisi Pengolahan  
Yang dimaksud dengan pengolahan bahan pustaka adalah kegiatan yang meliputi inventaris,katalogisasi, klasifikasi, penyelesaian dan penyusunan dirak buku. Pengolahan dalam hal ini sinonim dengan istilah processing atau accessioning. Proses dimana bahan koleksi harus diatur, ditata dan ditampilkan kepada bentuk yang telah diatur sebagaimana mestinya secara lengkap. Agar proses pelayanan dapat berjalan dengan baik dan lancer maka mulai dari proses pengolahan saja harus diatur seteliti mungkin, apakah itu bentuk katalognya, kalsifikasinya atau nomor punggungnya dan lain sebagainya. Kegiatan inilah yang dinamakan pengolahan dengan arti kata secara dasarnya adalah olahan dasar terhadap kumpulan koleksi yang telah diterima untuk dapat diatur agar tahan lama dan tertata dengan rapi sesuai dengan pengelompokannya.
            Sebagaimana pelajaran yang telah kita terima dari semester 1 sama- sama kita tahu bahwa kegiatan dasar yang kita lakukan adalah pengadaan koleksi, mulai dari pemilihan hingga pembelian  buku. Semua buku koleksi yang telah dipilih dan dibeli. Maka perpustkaan akan menerima buku / koleksi tersebut dengan faktur . Faktur diperiksa dan dicocokkan dengan daftar pemesanan. Kemudian koleksi diberi tanda bila telah sesuai dengan faktur yang ada barulah diberikan kepada bagian PENGOLAHAN. Disinilah nantinya akan terjadi proses ataupun rangkaian kegiatan pengolahann dengan penuh ketelitian agar pemustaka merasa puas dalam mencari koleksi yang pemustaka atau pengunjung cari sesuaai dengan aturan dan tempat yang telah diaturkan sebelumnya.
      2.2 Kegiatan Pengolahan
                        Bila buku telah diberi nomor induk dan faktur telah diselesaikan oleh bagian pengadaan barulah bagian pengolahan menerima koleksi tersebut setelah diberi slip pemilikan . Nah, langkah awal yang dilakukan oleh bagian pengolahan adalah :
a.      Memeriksa buku koleksi, apakah dalam keadaan baik atau tidak dengan cara memeriksa fisik koleksi tersebut.
Dengan cara : membuka buku dimeja dan membolak- balik serta menekannya.
Tgl
No. Induk
Pengarang
Judul
Edisi
Penerbit
Tahun
Agen
Harga
Ket































b.      Membuat catalog pada setiap koleksi

025.107 2
 Row                   Rowley, Jenny E.
 O                            Operation Research : A Tool
                            For Library Management / Jenny E.
                            Rowley and Peter J. Rowley .
                            Chicago : A.L.A, 1987






c.      Stempel koleksi ( Peneraan )
Halaman judul, dibalik halaman judul dan dihalaman rahasia.
d.      Nomor klasifikasi
e.      Tanda Pengarang
f.       Nomor panggil / call number di punggung buku
Pemasangan nomor panggil pada koleksi dilakukan pada punggung buku dengan ukuran 2.5 cm dari bagian bawah punggung.
g.      Label Tanggal
Label / slip ditempel pada bagian belakang secara simetris
h.      Kantong Buku
Kantong Buku diketik, yang berisikan nama pengarang, nomor panggil, judul, serta nomor induk, biasanya terletak di bagian kanan bawah. 
i.        Penyelesaian
Jika semua telah siap, maka tuliskan nomor klasifikasi dengan pensil pada bagian belakang halaman judul.
j.        Pengecekan Kembali Katalog dan Klasifikasi
k.      Membuat Kartu Peminjaman
KARTU PEMINJAM
PERPUSTAKAAN

No.    :
Nama :
Foto 3x4
 

Sandi
Tanggal
Paraf





Kemudian ada lagi kegiatan tambahan pada bagian Pengolahan sesuai pengamatan yaitu :
a.       Membuat formulir pendaftaran untuk jadi anggota
Nama      :
TTL        :
J.Klimn  :
Pddkn    :
Negri      :
Alamat   :
Foto 3x4
 
                                                                                        Daerah, Tgl
                                                                                         Yang Mendaftar


                                                                                          ( Nama Lengkap )


b.      Membuat kartu anggota pertahunnya

Foto 3x4
 
No. Anggota      :
Nama  Lengkap :
Jurusan               :
Fakultas             :



            Buku Catatan Anggota Perpustakaan tahun 2010
No. Urut
No. TA
Nama
Status/ Gol
Pendidikan
Jur/ kelas
Keterangan




































c.       Membuat kumpulan daftar koleksi yang dibeli, dipinjam dan sumbangan
No .
Nama Koleksi
Pengarang
Beli
Pinjam
Sumbangan
Keterangan




































d.      Mengumpulkan nama anggota ke satu buku untuk arsip pertahunnya





BAB III
 Penutup
       4.1 Kesimpulan
      Administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jadi Administrasi Perpustakaan adalah Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam suatu Perpustakaan secara bersama- sama dengan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu.
             Pengolahan dalam hal ini sinonim dengan istilah processing atau accessioning. Proses dimana bahan koleksi harus diatur, ditata dan ditampilkan kepada bentuk yang telah diatur sebagaimana mestinya secara lengkap. Agar proses pelayanan dapat berjalan dengan baik dan lancer maka mulai dari proses pengolahan saja harus diatur seteliti mungkin, apakah itu bentuk katalognya, kalsifikasinya atau nomor punggungnya dan lain sebagainya. Kegiatan inilah yang dinamakan pengolahan dengan arti kata secara dasarnya adalah olahan dasar terhadap kumpulan koleksi yang telah diterima untuk dapat diatur agar tahan lama dan tertata dengan rapi sesuai dengan pengelompokannya. 
 4.2 Saran
Penulis mengharapkan kritikan dan saran dari pembaca dan dosen pembimbing karena penulisan laporan ini masih jau dari kesempurnaan . Harapan kami atas kritik dan saran. Dan Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar