Selasa, 29 Maret 2011

tentang Kumpulan Aplikasi Senayan - Kesimpulan cuy


kurnia_yahya @ 18:06 Tags: senayan library perpustakaan free gratis diknas sekolah
Senayan Library adalah  software perpustakaan yang bagus untuk diterapkan baik di sekolah maupun persewaan buku. Software gratis ini memiliki fasilitas katalog buku, manajemen simpan pinjam, daftar anggota, sirkulasi, reports dan barcode support. Kebutuhan minimal yaitu komp PIII, Ram 128 dengan OS Linux / windows, Local Server dan Web Browser.
http://kurnia.nireblog.com/blogs1/kurnia/files/image0021.jpg
Senayan Library di produksi oleh PIH Depdiknas RI dengan developer Arie Nugraha dan Hendro Wicaksono

 

 

Saat ini sebenarnya ada sebuah software perpustakaan digital yang dibuat secara GRATIS tapi memiliki kwalitas yang sangat baik dan sudah menggunakan Standard International yaitu dengan menggunakan standard AACR 2. Software tersebut adalah bernama SLiMS (Senayan Library Management System). SLiMS (Senayan Library Management System) adalah Open Source Software (OSS) berbasis web yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang lengkap, SLiMS sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet.
Keunggulan SLiMS lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP dan RDBMS MySQL. SLiMS sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti FreeBSD dan Windows.Saat ini SLiMS sudah digunakan oleh ratusan Perpustakaan-perpustakaan besar yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia bahkan hingga di mancanegara seperti Jerman, Spanyol, Timur Tengah dll.
 Penulis : Ari S
Sumber: kompasiana.com

             

1.   Senayan Open Source Library Management System

14:46Courtessy from Situs resmi Senayan
SENAYAN adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan, SENAYAN sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet. Keunggulan SENAYAN lainnya adalah multiplatform, yang artinya bisa berjalan secara natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP (http://www.php.net) dan RDBMS MySQL (http://www.mysql.com). SENAYAN sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti Unix* BSD dan Windows. Senayan awalnya digagas oleh Perpustakaan Depdiknas dan sekarang terus dikembangkan dengan kontribusi banyak orang melalui internet.
 Meskipun sejauh ini saya cuma sebatas "penggembira" dalam arti bukan pemakai apalagi pengembang (karena saya sudah terlanjur memakai sistem aplikasi lain untuk perpustakaan di tempat kerja saya, Pen.), bolehlah sekiranya saya memberikan sedikit ulasan tentang Senayan:
1. Senayan mudah diinstal, dijalankan dan dioperasikan.
2. Dikarenakan ada pihak pengembang sebagai penanggungjawabnya, maka support, update dan lain-lain permasalahan berkenaan dengan Senayan cukup terjamin.
3. Yang jelas, Senayan sangat recomended bagi perpustakaan apalagi sifatnya yang free dan pengembangannya yang selalu kontinyu.
4. Jadi: kalau mau otomasi perpustakaan, 
JANGAN BELI SOFTWARE!!! Pakai saja yang gratisan tapi canggih seperti Senayan atau Athenaeum Light.
5. Gunakan Senayan bersama-sama dengan 
e-DDC. Senayan sebagai sistem pengelola manajemen perpustakaan sedangkan e-DDC sebagai alat bantu untuk menentukan nomor klaifikasi koleksi dengan lebih mudah dan cepat. Hasilnya pasti top-markotooop... hehehe...

Senayan (perangkat lunak)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Broom icon.svg
Artikel bertopik teknologi informasi ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia
Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Setelah dirapikan, tolong hapus pesan ini.
Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan(library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, danpengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source [1].
Senayan pertamakali di gunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional [1]. Pengembangan Senayan dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Di koordinir oleh Hendro Wicaksono [2], dengan Programmer Arie Nugraha [3], Wardiyono. Sementara dokumentasi dikerjakan oleh Purwoko [4], Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin.
Selain itu, ada pula programmer dari Jerman Tobiaz Zeumer.
Menurut Hendro Wicaksono dan Arie Nugraha, anggota tim pengembang Senayan, program manajemen perpustakaan ini pertama kali dikembangkan pada November 2006. Waktu itu, para pengelola Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta tengah kebingungan karena program manajemen perpustakaan Alice habis masa pakainya. Alice adalah perangkat lunak bikinan Softlink sumbangan Pusat Kebudayaan Inggris, British Council.
 Senayan kini sudah berkembang jauh. Ia tak hanya menampilkan data buku, tapi juga dapat menampilkan gambar, suara, buku elektronik, dan bahkan video. Hendro dan timnya juga sedang mengembangkan agar setiap server pengguna Senayan dapat saling ”bicara”, sehingga nanti dapat dibangun sebuah gerbang pencarian data buku dalam jaringan yang dapat menelusuri semua katalog. ”Nanti akan ada sebuah gerbang agar pencarian buku cukup melalui satu situs saja,” kata Arie.
Kelebihan Aplikasi Perpustakaan Senayan
Kembali pada aplikasi Senayan, kemampuan yang dimiliki aplikasi perpustakaan ini sudah memenuhi berbagai kriteria. Selain seluruh kriteria atau fitur yang sudah diuraikan di atas, Senayan memiliki kelebihan lain. Kelebihan Senayan adalah fitur publik akses katalogonline dimana anggota dapat mencari buku secara mudah.
Kelebihan lain yang dimiliki Senayan adalah kemampuannya dalam menampilkan gambar sampul buku.  Terdapat pula modul untuk mengatur stok buku yang ada di perpustakaan. Selain itu, aplikasi perpustakaan ini juga dilengkapi dengan modul laporan dan statistik. Dengan demikian akan diketahui jenis buku dan judul buku apa yang paling banyak dipinjam oleh para anggotanya.
Membuat aplikasi perpustakaan sendiri dari awal memang tidaklah mudah. Oleh karena itu download aplikasi gratis seperti Senayan layak untuk dicoba. Walaupun gratis, dukungan yang diberikan untuk aplikasi ini secara terus-menerus meningkatkan kualitas aplikasi ini.

Software Senayan sangat  membantu dalam mengolola perpustakaan secara profesional. Software Senayan merupakan software versi webbes untuk kepentingan katalog online seperti contoh http://www.pustakamrb.phpnet.us/. Software senayan memudahkan dalam hal penelusuran koleksi, peminjaman, laporan dan masih banyak kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh senayan library ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar